Aksi Ambil Untung, USDJPY Turun Tipis ke 110.05



Monexnews – USDJPY mengalami tekanan akibat aksi ambil untung setelah dolar selama dua hari berturut menguat 2,3 persen karena sentimen geopolitik Korea Utara (Korut) mereda karena tidak ada ujicoba lanjutan rudal saat perayaan kemerdekaan Korut Sabtu lalu.

 Saat penulisan, USDJPY diperdagangkan di 110.05, atau berkurang 0.07 persen (8 pip).

 Investor tampaknya mengabaikan ancaman baru Korut yang keluar malam tadi. Muncul pernyataan baru dari Korut terkait sanksi baru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Reaksi Korut sangat agresif karena menyatakan akan mempercepat rencana untuk membuat senjata nuklir yang bisa menjangkau daratan Amerika Serikat

 Korut juga mengecam sanksi PBB yang melarang Korut untuk mengekspor tekstil dan gas alam. Larangan ini berpotensi mengurangi pendapatan hingga S1.3 miliar.

 Sanksi baru dari PBB sendiri sebenarnya lebih lunak dari rencana semula karena pihak AS menghilangkan usulan pembekuan aset milik Kim Jong Un, presiden Korut. Di antara konsesi lainnya, dalam rancangan itu pun sanksi yang akan berimbas kepada para pekerja Korut di luar negeri telah dilunakkan.

 Pelunakan juga terjadi pada ketentuan untuk memeriksa kapal kargo yang diduga membawa muatan yang dilarang oleh PBB. Namun larangan ekspor tekstil dari Korea Utara tetap ada di dalam draf tersebut.

 Sikap melunak dari AS dimaksudkan agar China dan Rusia tetap berada dalam kubu yang mendukung sanksi.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
SOURCE



Leave a Reply