Beragam Sikap Investor Terhadap Ancaman Keamanan di Semenanjung Korea



Monexnews – Menyikapi situasi Semenanjung Korea yang kian memanas, sejumlah manajer pengelola dana investor bereaksi berbeda. Namun umumnya mereka akan memilih menanamkan dana ke aset safe haven.

Ditambah pengumuman pengunduran diri Wakil Ketua Federal Reserve Stankey Fischer Rabu kemarin membuat dolar AS kian melemah. Kecemasan investor bertambah dengan adanya berita negatif ini yang menahan penguatan aset berisiko.

Bloomberg mewawancarai sejumlah fund manager terkemuka yang mengelola dana investor dalam jumlah besar.

Saat mewawancarai John Bredemus, kepala riset pasar modal di Allianz Investment Management, ia mengatakan sangat mengkhawatirkan situasi di Korea Utara akan semakin memburuk. Untuk sementara untuk melindungi nilai investasi, ia memilih memegang dana tunai. Jika situasi memburuk akan mengalihkan asetnya ke obligasi pemerintah AS.

Sedangkan Randy Frederick, wakil presiden trading dan produk derivatif Charles Schwab juga mengkhawatirkan situasi di Korea Utara dengan pilihan option untuk jangka pendek dan tidak ada investasi dilakukan untuk jangka panjang.

Bob Savage, chief executive officer  Track Research mengkhawatirkan situasi Korea Utara memburuk saat AS menekan China untuk menghentikan ekspor minyak ke Korut. Ia memilih emas sebagai pilihan alternatif dengan asumsi harganya akan tembus $1375 per troy ons.

Brian Jacobsen, pimpinan investasi di Wells Fargo Asset Management malah memilih tidak melakukan apa-apa jika situasi di Korea Utara memburuk. Ia mengatakan hal paling aman adalah tidak melakukan apapun dan membiarkan aset yang sudah ada tidak dijual atau melakukan pembelian aset baru.

“Terkadang kita terjebak memegang dana tunai namun menunggu dan bingung kapan harus masuk pasar lagi,” jelasnya.

Stephen Jen, kepala hedge fund Eurizon SLJ Capital Ltd dan mantan ekonomi International Monetary Fund (IMF) mengkhawatirkan penurunan nilai aset dan ia memilih memegang yen karena volatilitas Yen lebih rendah dibandingkan aset lain.

 (Irdy)

Lihat Disclaimer
SOURCE



Leave a Reply