Dolar Masih Melemah Pasca-Pengumuman Pengunduran Diri Fischer



Monexnews -Dolar masih tertekan menyikapi pengunduran diri Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer. Indeks dolar AS diperdagangkan di 92.18, atau turun 0.12 persen. Pasar kehilangan sosok The Fed yang sering melontarkan pernyatan hawkish.

Rabu malam kemarin, Wakil Ketua Federal Reserve Stanley Fischer mengumumkan pengunduran diri dan secara efektif akan tidak aktif pertengahan Oktober mendatang.

Pengunduran dirinya ini membuka peluang Presiden AS Donald Trump untuk merombak pimpinan bank sentral ini karena kursi dewan gubernur yang lowong kini menjadi empat dari total tujuh keanggotaan.

Dalam suratnya ke Trump, Fischer mengatakan mengundurkan diri karena alasan pribadi. Jika benar ia mundur pada 13 Oktober nanti, berarti ia mundur delapan bulan sebelum masa jabatannya berakhir di Juni 2018.

Fischer mengatakan pertumbuhan lapangan kerja baru sudah baik dan The Fed telah berhasil membuat sistem keuangan lebih kuat dan memiliki daya tahan jika ada krisis keuangan.  

Selanjutnya mengenai pengganti Fischer akan tergantung pada Senat yang diperkirakan akan menetapkan Randal Quarles, calon dari Trump, sebagai wakil ketua untuk pengawasan.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
SOURCE



Leave a Reply