Impor China Mengalahkan Ekspektasi, Namun Ekspor Mengecewakan

Monexnews -China pada hari Jumat melaporkan data yang menunjuk pada permintaan domestik yang kuat karena impor mengalahkan ekspektasi pada bulan Agustus, meskipun pertumbuhan ekspor secara keseluruhan menurun.

Surplus perdagangan China bulan Agustus sebesar 42.0 miliar dolar, lebih rendah dari estimasi 48.4 miliar dolar dan juga surplus Juli 46.7 miliar dolar.

China melaporkan nilai ekspor dalam dolar di Agustus naik 5,5 persen dari tahun lalu, sementara nilai impor dalam dolar naik 13,3 persen.

Analis yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan 6,0 persen dalam ekspor China pada Agustus dari tahun lalu dalam bentuk dolar. Impor Agustus diperkirakan naik 10,0 persen pada periode yang sama.

“Data impor yang kuat menunjukkan bahwa permintaan domestik mungkin lebih bisa bertahan dari perkiraan di semester kedua,” Louis Kuijs, kepala ekonomi Asia di Oxford Economics menulis dalam sebuah catatan.

Sedangkan untuk ekspor, angka utama menunjukkan pelunakan momentum permintaan global, meskipun kenaikan pertumbuhan pengiriman ke Asia yang sedang tumbuh dan AS mengimbangi ekspansi ekspor yang lebih lambat ke Uni Eropa dan Jepang, Kuijs menambahkan.          

(Irdy)

Lihat Disclaimer
SOURCE

Leave a Reply