Market Movers: Data Tenaga Kerja Inggris Berpotensi Lanjutkan Penguatan GBPUSD

Monexnews – Naiknya inflasi Inggris membuat GBPUSD naik ke level tertinggi satu tahun, dan pada pagi ini menembus levl 1.3300 untuk pertama kalinya sejak 13 September 2016, tepat satu tahun lalu.

Data tenaga kerja Inggris hari ini, yang terdiri dari klaim tunjangan pengangguran, tingkat pengangguran, serta rata-rata kenaikan gaji yang akan dirilis pukul 15:30 WIB akan meningkatkan volatilitas GBPUSD hari ini. Data indeks harga produsen (PPI) AS juga akan menjadi penggerak pasar. 

Potensi Pergerakan

Emas
Harga emas berhasil menguat pada hari Selasa, namun kemungkinan akan berbalik melemah selama tidak menembus resisten 1340, dan jika data PPI AS pukul 19:30 WIB dirilis lebih tinggi dari 0,3%. Target yang dituju jika kembali melemah adalah area 1320.

Minyak Mentah
OPEC yang memperkirakan adanya peningkatan permintaan membuat harga minyak mentah menguat pada perdagangan Selasa. Data stok minyak mentah di AS yang akan dirilis pukul 21:30 WIB kemungkinan akan membawa harga minyak kembali turun ke area 47.50 jika stok bertambah lebih dari 4,1 juta barel.

EURUSD
Tanpa data ekonomi penting dari Zona Euro hari ini, EURUSD berpeluang melemah selama bertegerak di bawah level 1.2000, dengan target ke area 1.1910.

GBPUSD
Pasangan mata uang ini memiliki potensi melanjutkan penguatan ke area 1.3380 jika data tenaga kerja Inggris dirilis apik, khususnya data rata-rata kenaikan gaji lebih tinggi dari perkiraan 2,3%.

USDJPY
USDJPY menguat tajam sejak awal pekan, jika di total pasangan mata uang ini telah naik 230 pip dalam dua hari. Jika data PPI AS hari ini diirilis apik, USDJPY memiliki peluang melanjutkan kenaikan ke 110.50.

AUDUSD
Meski terpantau menguat pada pagi ini, namun AUDUSD berpeluang melanjutkan penurunan dua hari beruntun. Jika data PPi AS dirilis lebih dari 0,3%, AUDUSD kemungkinan turun ke area 0.7960.

(Putu Agus)

Lihat Disclaimer
SOURCE

Leave a Reply