Market Movers: Dolar Raih Momentum Penguatan di Awal Pekan



Monexnews – Tanpa rilis data ekonomi penting pada hari ini, dolar AS meraih momentum penguatan akibat meredanya ketagangan geopolitik Korea Utara setelah pada hari Sabtu lalu Korea Utara mengurungkan niat untuk melakukan uji coba misil. 

Selain itu Presiden AS Donald Trump telag menandatangai rancangan undang-undang peroanjangan pagu hutang AS selama tiga bulan yang sedikit melegakan pelaku pasar akan kemungkinan shut down pemerintahan AS di akhir bulan ini.

Potensi Pergerakan

Emas
Meredanya kecemasan geopolitik di pasar membuat emas dibuka gap down sekitar $10 ke $1336. Jika tidak terjadi peningkatan ketegangan geopolitik, emas kemungkinan melanjutkan penurunan akibat aksi profit taking selama tertahan di bawah level $1346.

Minyak Mentah
Setelah turun lebih dari 3% pada hari Jumat, minyak mentah bergerak naik di awal perdagangan hari ini. Arah Saudi yang membicarakan perpanjangan pemangkasan produksi dengan Venezuala memeberikan sentimen positif bagi minyak mentah, dan membuka peluang kenaikan selama bertahan di atas $47.50.

EURUSD
EURUSD yang berada dekat level tertinggi sejak Desember 2014 berpeluang melemah hari ini akibat tidak adanya data ekonomi penting yang dirilis dari zona euro. Selama belum menembus ke area resisten 1.2050, EURUSD berpeluang turun ke area 1.1940.

GBPUSD
GBPUSD mencatat kenaikan tiga pekan beruntun pada minggu lalu, dan mendekati level tertinggi 1 tahun. Tanpa data ekonomi dari Inggris, GBPUSD kemungkinan diterpa aksi profit taking selama belum menembus resisten 1.3220, dengan target ke area 1.3110.

USDJPY
Menurunnya permintaan akan aset safe haven membuat USDJPY gap up lebih dari 30 pip ke 108.19. Jika berhasil melewati resisten 108.70, USDJPY kemungkinan melanjutkan penguatan ke area 109.20.

AUDUSD
Pada hari Jumat AUDUSD melewati level 0.8100 untuk pertama kalinya sejak 14 Mei 2015 pada Jumat lalu, meski memangkas kenaikan dan berakhir mendatar di kisaran 0.8050. Selama belum melewati level 0.8100 kembali, AUDUSD kemungkinan akan turun ke area 0.7990.

(Putu Agus)

Lihat Disclaimer
SOURCE



Leave a Reply