Pasar Masih Khawatir Situasi Keamanan Semenanjung Korea

Monexnews –  Sejumlah bursa saham di Asia menguat atau mengalami pemulihan setelah di awal pekan hingga kemarin tertekan karena sentimen ujicoba nuklir Korea Utara. Namun demikian pelaku pasar belum yakin penguatan pada aset berisiko akan terus berlanjut.

“Situasi terkait ancaman nuklir Korea Utara masih membuat investor panik, kenaikan hari ini hanya bersifat sementara,” ujar Choi Woong-Pil, chief investment officer KB Asset Management.

Ia mengatakan investor tidak bisa nyaman lagi seperti sebelumnya karena adanya isu Korea Utara ini.

Menjelang perayaan hari kemerdekaan Korea Utara pada Sabtu lusa, pasar mengkhawatirkan aksi Korea Utara akan semakin menjadi-jadi. Trader bersikap waspada karena khawatir pihak Korut akan meluncurkan rudal sebelum peringatan hari kemerdekaan 9 September mendatang.

Walaupun demikian, Presiden AS Donald Trump mengatakan aksi militer terhadap Korut bukan pilihan pertamanya walaupun Korsel memindahkan peralatan pelindung serangan rudal ke wilayah perbatasan hari ini.

Sentimen positif dari AS adalah telah tercapainya kesepakatan antara pihak eksekutif dan Senat untuk menaikkan batas utang AS sehingga tidak terjadi penghentian aktivitas pemerintahan.

(Irdy)

Lihat Disclaimer
SOURCE

Leave a Reply