Pemerintah China Berencana Menerbitkan Obligasi Dolar Setelah 13 Tahun



Monexnews -Pemerintah China berencana menerbitkan obligasi berdenominasi dolar setelah terakhir melakukan emisi 13 tahun lalu. Rencana itu pun disambut pasar yang sudah menyebabkan permintaan yang luar biasa di dalam negeri.  

Pemerintah China sendiri berencana kembali ke pasar untuk pertama kalinya sejak 2004, meski hampir tidak membutuhkan dana karena kemampuannya untuk mengumpulkan uang di dalam negeri. Rencana penerbitan obligasi pemerintah senilai $ 2 miliar pun dilihat pelaku pasar sebagai langkah untuk mengurangi biaya pinjaman perusahaan milik negara China ketimbang sebagai gejala ketidakmampuan menggalang dana di dalam negeri.

Karena devaluasi mata uang yuan yang mengejutkan pasar global pada tahun 2015 – BUMN seperti perusahaan energi dan transportasi China merasa perlu menerbitkan obligasi dolar dalam tahun-tahun yang akan datang untuk membantu mendanai operasi internasional mereka.

Hal ini sejalan dengan usaha Presiden China Xi Jinping mendorong ekspansi ke luar negeri melalui proyek pengembangan Jalan Sutra,sehingga perusahaan BUMN China ini memerlukan banyak pembiayaan dalam dolar.

 “Obligasi dolar China yang akan datang akan menjadi obligasi acuan Asia yang paling penting,” kata Ken Hu, kepala investasi untuk pendapatan tetap Asia-Pasifik di Invesco Hong Kong Ltd, seperti dikutip Bloomberg, Jumat (15/9).

(Irdy)

Lihat Disclaimer
SOURCE



Leave a Reply